Kategori
Tidak Dikategorikan

Antara Kebingunganku dan harapanku

Sebagai seorang mahasiswa tentu sangat berharap bisa bermanfaat bagi orang lain. aku selalu berusaha pekah tehadap lingkungan sekitar, barangkali ada yang bisa aku perbuat, ketika orang lain mengabaikan. Sikap ini sudah tertanam sejak nyantri di Ponpes al-Hikmah Bangil. Ustadku pernah berpesan,  yang beliau singkat M2TM yaitu Memberi, Menjaga dan Tidak Merusak.


Dimanapu berada aku selalu berusaha menerapkannya. Terlebih lagi di Malang aku tinggal bersama kerabat, bukan di kos. Otomatis harus lebih pekah terhadap lingkungan rumah. Setiap pagi, aku harus membantu menyelesaikan tugas domesti, seperti nyapu, ngepel, laundy dan lain lain.


Selama tinggal di Malang, aku tidak kekurangan orang-orang hebat yang bisa aku jadikan cerminan. Mereka sungguh progresif membuat trobosan baru untuk melakukan perubahan. Aku selalu berusaha mengikuti pergerakan mereka, namun terkadang aku merasa minder bergumul dengan mereka. Setidaknya dari perkumpulan itu aku bisa mendapat wawasan baru, dengan perlahan-lahan bisa aku terapkan ditempat lain.

Sampai saat ini, terhitung sudah dua tahun aku menjalani status sebagai mahasiswa dengan berbagai rintangan. Namun ada rasa yang mengganjal untuk skedar menentukan cita-cita. Padahal di jurusanku banyak peluang yang bisa aku capai ketika lulus. seperti advokat, dosen, hakim dll. Namun Aku masih dilanda kebingungan menentukan satu keputusan cita cita. Meskipunaku tau masa depan semua manusia ada di tangan Allah swt. Menurutku, memikirkan masa depan adalah bagian dari ikhtiar untuk semangat belajar.


Semua yang aku lakukan saat ini tidak ada kata sia-sia. Dengan tekat yang kuat dan sungguh-sungguh menjalani kehidupan insyaallah akan menuai hasil yang di inginkan. Terus belajar dan berkarya, karena dengan karya manusia akan bernilai.
Sekian…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s